Pengertian dan contoh Kalimat Simple, Compound, dan Complex Sentence

Sabtu, 06 Oktober 2018


Belajar bahasa Inggris grammar – Kalimat Simple, compound, dan complex sentence adalah 3 macam kalimat bahasa Inggris yang harus dipelajari terutama bagi yang ingin lebih memperdalam dan mengerti contoh discussion text, argumentative dan jenis teks lainnya. Pengertian sekaligus contoh kalimat simple, compund , dan complex sentence menduduki porsi terbesar dalam mendapat perhatian ketika ingin meningkatkan skill reading comprehension dan writing.


Rumus dan contoh kalimat simple compund dan complext sentence

Pengertian dan Contoh Kalimat Simple Sentence dan Arti

Namanya juga sederhana (simple), jenis kalimat ini hanya terdiri dari 1 kalusa yang terdiri dari Subject dan Predicate. Meski hanya 1 klausa, kalimat ini sudah ememiliki arti yang utuh. Makanya 1 klause itu disebut Independet (berdiri sendiri), alias tidak butuh kalusa yang lain agar maksud dan artinya bias dipahami.
Contoh:
1. Some people like to go to market.
Beberapa orang suka pergi ke pasar.
2. Tono and Tini play a game together.
Tono dan Tini bermain game bersama.
3. Budi goes to the library and borrows some book.
Budi pergi ke perpustakaan dan meminjam beberapa buku
3 kalimat diatas semuanya disebut sebagai kalimat simple. Dinyatakan sebagai kaliamat sederhana karena ke 3 nya sudah sangat bias dipahai maksudnya meski tanpa bantuan klause yang lain.
Kalimat pertama cukup sederhana hanya terdiri dari 1 subject dan diikuti dengan 1 predicate sebagai unsurnya. Sementara kalimat ke 2, bisa kita lihat kembali, mempunyai 2 subject dan diikuti dengan 1 predicate. 2 pelaku (subject) kalimat pada nomor 2 melakukan 1 kegiatan yang sama. Sedangkan untuk kalimat nomor 3, ayo kita perhatikan mempunyai 1 subject tetapi diikuti oleh 2 predicate. Struktur model kalimat seperti nomor 3 ini berarti, pelaku kalimat (subject) melakukan 2 hal kegiatan.

Pengertian dan Contoh Kalimat Compound Sentence dan Arti

Seperti dari namanya, compound artinya gabungan. Ini berarti kalimat compound adalah kalimat panjang yang terdiri dari gabungan 2 atau lebih klausa. Yang perlu dicatat disini adalah setatus kedua klausanya memiliki kemandirian sendiri sendiri. Artinya seumpama 2 kalusa itu dipisah, masing masih bias dipahami arti dan maksudnya. Ke 2 klausanya disebut sebagai Independent Clause.
Contoh:
1. I tried to study Math, and my friends tried to study English.
Saya coba blejar Matematika, dan teman-temanku mencoba belajar bahasa Inggris
2. I like banana, but my friend likes apple.
Saya suka pisang, tetapi temanku suka apel.
3. My mother cooks soup, so I do not eat at a reastaurant.
Ibuku memasak sup, maka saya tidak makan di restoran
3 contoh kalimat coumpund diatas semuanya digabung dari 2 klausa yang sama sama berdiri sendiri. Penggabunga 2 klausa tersebut dilakukan dengan bantuan kehadiran kata “and”, “but”, dan “so”. Kata-kata penghubung semacam ini disebut sebagai Coordinator. Ada beberapa coordinator kalimat yaitu for, and, nor, but, or, yet, so dan biasanya untuk memudahkan dalam belajar mereka disingkat menjadi FANBOYS.

Pengertian dan Contoh Kalimat Complex Sentence dan Arti

Compex artinya ruwet alias tidak sederhana. Tentunya kalimat jenis ini terdiri dari beberapa klausa mesk begitu proses mixin klausa tersebut tidak sama seperti pada kalimat Compound.
Kalimat complex terdiri dari 2 atau lebih klausa yang mana salah satunya menjadi induk dan lainnya menjadi sub. Hal ini berarti, sub clause tidak akan memiliki arti yang sempurna senadainya dipisah dari induk (main clause).
Contoh:
1. The students are doing the homework because they will submit it tomorrow.
Murid-murid sedang mengejarakan PR karean meraka akan mengumpulkannya besok
2. The teacher will return the homework after he notices the error.
Guru itu akan mengembalikan pekerjaan murida setelah dia memberikan catatan kesalahannya
3. We know the man whom you were talking to yesterday
Kami mengenal orang yang kamu ajak bicar kemarin
Perhatikan 3 contoh kaimat complex diatas, Semua terdiri dari 2 klause. Penggabunganya dibantu oleh apa yang kita sebut Subordinator seperti kata “because”, “since”, “after”, “although”, dan “when” seperti pada kalimat nomor 1 dan 2 diatas. Sementara penggabungan kalimat nomor 3 menggunakan Relative Pronoun seperti kata “who”, “whom”, “which”, “whose”. Untuk lebih jelas penggunaan relative ini lihat pembahasan adjective dan clause.
Begitulah pengertian dan contoh kalimat simple, compound, dan complex sentence dalam bahasa Inggris. Pola penulisan yang dipakai di semua teks bahasa Inggris yang kita baca sebenaranya hanya memakai 3 macam kalimat tersebut. Semoga ada manfaat dan selamt belajar.
Untuk sumber yang lebih detail dalam bahasa Inggris lihat http://eslbee.com.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ENGLISH CLUB - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger