Penggunaan Conjunction Not Only But Also

Sabtu, 06 Oktober 2018


Sebelumnya kita sudah belajar bahasa Inggris tentang conjunction. Kali ini kita lanjutkan pembahasan salah satu dari jenis kata sambung tersebut yaitu penggunaan conjunction Not Only But Also yang membahas bagaimana penggunaan kata “Not Only” yang berpasangan dengan kata “But Also”. Perlu diketahui soal model kata berpasangan seperti ini sering sekali muncul dalam ujian bahasa Inggris khususnya test error recognition.


Penggunaan conjunction not only but also dalam kalimat
Dalam bahasa Inggris, ada yang disebut dengan nama correlative conjuction atau paired conjuction atau kata hubung berpasangan. Sebenarnya ada 4 macam kata hubung berpasangan yang dikenal, namun saat ini kita hanya akan membahas Penggunaan Conjunction Not Only But Also  yang bila diterjemahkan berarti “ tidak hanya……. tapi juga”
Kata hubung not only…but also  dipergunakan untuk menghubungkan dua buah klausa atau kalimat yang paralel. Beberapa contoh untuk penggunaan kata hubung ini adalah:She’s not only beautiful but also smartMaria is not only a rich women, but also noble and kind women where she involved in many charity worksHal yang perlu diperhatikan disini adalah kata yang diletakkan setelah kata hubung but also.  Bila kata yang diletakkan setelah kata hubung ini adalah merupakan singular, maka verb yang digunakan juga harus singular atau tunggal.
Begitu juga sebaliknya, bila kata yang diletakkan setelah kata hubung but also  adalah kata plural maka verb yang digunakan juga harus plural atau jamak, contohnya:
Not only Siska, but also her friend is beautiful
Not only Siska, but also her friends are beautiful
Pada contoh pertama, kata but also  diikuti dengan kata tunggal (her friend)  sehingga diikuti dengan verb tunggal (is). Pada contoh kedua, kata but also  diikuti dengan kata majemuk atau plural (her friends)  sehingga harus diikuti dengan verb plural juga (are).
Bila kata not only  diikuti dengan subjek, maka setelah kata but also  juga harus diikuti dengan subjek. Berikut adalah contohnya:
When writing an article, consider not only the topic of the article but also the audience who will read it.
He can play not only soccer and softball but also tennis and badminton as well.
Miss Ann taught not only Algebra and Arithmatica, but also Geometry and Physics
Hal yang perlu diingat dalam penggunaan kata sambung ini adalah pentingnya menggunakan kronologi yang masuk akal dan paralel atau sejajar untuk menciptakan kalimat yang linier serta menarik untuk dibaca. Prinsip paralel yang dimaksud adalah setelah penggunaan jenis kata yang sama setelah not only  dan setelah but also. Perhatikan prinsip dasar penggunaan conjuntion not only but also berikut!
1. Adjective + Adjective
Contoh: Siska is not only beautiful but also have sense of humour
2. Noun + Noun
Contoh: He don’t like not only coffee but also tea
3. Verb + verb
Contoh: My mother has lots of thing to do, not only cooking but also cleaning the house
4. Clause + clause
Not only
Lila will goes study for her bachelor degree but also she will have a vacation in Europe.
5. Adverb + Adverb
My Father work not only in the mill but also in the farm.
Selanjutnya agar bisa lebih memahami penggunaan struktur  kata hubung tersebut, mari kita lihat kata bijak bahasa inggris berikut yang menggunakan struktur not only…but also  dibawah ini.

Penggunaan conjuntion not only but also pada kata bijak bahasa inggris
Contoh gambar yang menunjukkan bagaimana penggunaan conjuntion not only but also diatas bukanlah dibuat  untuk pembelajaran grammar namun memang dipakai untuk keperluan yang sebenarnya. Tentu akan banyak sekali contoh contoh seperti diatas. Cari sendiri ya
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ENGLISH CLUB - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger