Pengertian dan Contoh Preposition (Kata Depan)

Kamis, 04 Oktober 2018


Preposition atau kata depan adalah parts of speech yang sering digunakan dalam kalimat bahasa Inggris maka kali ini kita akan membahas pengertian dan contoh preposition ini
Prepositions dalam grammar and structure bahasa Inggris diartikan sebagai kata yang merupakan bagian dari wicara (part of speech) yang digunakan untuk menghubungkan frasa dengan kata lain dalam satu kalimat, kata ganti, maupun kata benda. Preposition biasanya terletak di bagian awal atau di depan kata ganti atau kata benda. Preposition bisa digabungkan (berpasangan) dengan frase atau kata, preposition yang demikian disebut sebagai object of preposition (objek preposisi).


Macam-macam preposition bahasa Inggris
Sebelum kita belajar preposition (kata depan) ini lebih lanjut, mari kita lihat beberapa contoh penggunaan preposition dalam kalimat bahasa Inggris berikut:
  • The ball is beside the chair. (preposisi pada beside)
  • My books are on the chair. (preposisi pada on)
  • The glass is beneath the refrigerator (preposisi pada beneath)
Dari tiga contoh di atas, anda bisa lihat bahwa masing-masing preposisi menghubungkan kata benda (wallet, book, comics) dalam satu kalimat, sehingga didapat pengertian yang sesuai dengan konteks yang ditunjuk masing-masing kalimat.

Penggunaan Preposition dalam Kalimat Bahasa Inggris

Harap diingat bahwa preposisi tidak bisa diikuti oleh kata kerja. Preposisi hanya bisa diikuti oleh kata benda, di mana dalam kaidah bahasa Inggris terdapat empat jenis kata benda, yakni: proper nouns (Jakarta, Greece; kata benda yang menunjuk tempat atau subjek), common nouns (train, house, banan; kata benda yang menunjuk entitas konkrit), collective nouns (misalnya: crowd; segala kata benda yang terkumpul secara kolektif), serta abstract noun (misalnya, beauty; segala kata yang tidak berwujud benda konkrit).
Kendati demikian, preposisi masih tetap bisa diletakkan bersamaan dengan kata kerja, meski perubahan kata kerja ke dalam bentuk Gerund (penambahan –ing) diharuskan. Jumlah kata yang digunakan untuk preposisi sangat banyak, misalnya: without, upon, underneatch, under, toward, to, until, below, against, onto, on, off, near, of, into, from, for, except, during, down, by, through, after, above, outside, past, over, dan lain sebagainya.

Jenis Preposition Dalam Bahasa Inggris

Preposisi sangat banyak jenisnya, namun umumnya kata depan dalam bahasa Inggris ini dibedaka menjadi:
1. Preposition of time yang menggunakan 3 macam kata, yakni at, in, dan on. In umum digunakan untuk menunjuk bulan dan tahun, serta waktu tertentu yang spesifik. Sedangkan on digunakan untuk menunjuk tanggal (on 2012), menunjuk hari (on Monday), dan untuk hari-hari tertentu (on my party). Yang terakhir, atau at, digunakan untuk menunjuk jam (at 9:30 am) dan untuk menunjuk waktu tertentu yang jelas (at dinner time).
2. Preposition for agent yang umumnya bisa digunakan untuk menunjuk benda tertentu yang menjadi pelaku atau sebab. Kata yang biasa digunakan adalah with dan by. Contoh penggunaan kalimat: The chair is finished by my uncle.
3. Preposition for direction yang menggambarkan arah. Kata yang bisa digunakan adalah into, through, toward, to. Contoh penggunaan Anwar goes to train station, atau these natural ingredients will be converted into medicines
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ENGLISH CLUB - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Inspired by Sportapolis Shape5.com
Proudly powered by Blogger